Jumat, 16 September 2016

Nutrisi Pakan untuk Masalah Pencernaan pada Kucing

Oleh Dinda Mahardika, DRH

Kucing merupakan hewan kesayangan yang lucu, penghilang stress dan mempunyai karakter yang unik. Kucing termasuk dalam golongan hewan karnivora sejati atau penyuka daging. Sebagai owner atau pemilik hewan sangatlah penting untuk mengetahui karakter dan perilaku keseharian hewan kesayangan kita. Sebagai contoh yakni ketika kucing kesayangan kita sedang mengalami masalah pencernaan seperti diare dan muntah atau vomit. Sebelum kita mengani masalah pencernaan yang dialami kucing kita, maka sebaiknya mengenal terlebih dahulu nutrisi pakan yang baik untuk membantu mengurangi masalah pencernaan pada kucing kita. Kucing apabila mengalami masalah pencernaan dalam hal ini muntah dan diare, maka kita sebagai pet lovers harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Seperti pergantian pakan yang secara mendadak tanpa diselingi dengan pakan sebelumnya, faktor stress terhadap lingkungan sekitar, dan yang terakhir karena faktor infeksi dari mikroba.
Nutrisi pakan yang baik akan mempengaruhi system pencernaan ketika sedang mengalami gangguan. Apabila kucing kesayangan sedang mengalami diare atau muntah maka pakan yang diberikan tidak boleh sembarangan sebab jika tidak diberikan nutrisi yang tepat maka masalah pencernaan pun tidak teratasi dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan untuk kucing yang mengalami gangguan pencernaan yakni mengandung protein, serat, vitamin, prebiotik, omega-3 serta pakan yang memiliki daya cerna yang baik sehingga ketika masuk ke dalam tubuh dapat diserap dengan baik oleh sistem pencernaan kucing. Pakan yang diberikan untuk masalah pencernaan dapat berupan pakan kering atau pakan basah. Apabila kucing mengalami masalah diare atau muntah akibat pergantian pakan secara mendadak maka untuk sementara nutrisi pakan yang diberikan sebaiknya pakan khusus untuk masalah pencernaan. Namun apabila masalah pencernaan disebabkan karena ada infeksi dari mikroba maka sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan dan penganan yang lebih baik.
Nutrisi pakan yang sesuai dan cukup saat mengani masalah gangguan pencernaan pada kucing sehingga dapat segera teratasi.  Pemberian pakan saat kucing mengalami masalah pencernaan seperti muntah misalnya, harus diberikan secara bertahap, sebab apabila kucing yang mengalami masalah muntah langsung diberikan pakan maka yang terjadi pakan tersebut beberapa saat kemudian akan segera dimuntahkan kembali. Hal ini terjadi demikian sebab system pencernaan kucing belum siap untuk bekerja karena terdapat gangguan. Pemberian pakan diberikan secara bertahap yakni sekitar 3-4 kali dalam sehari namun dalam jumlah yang secukupnya sehingga dapat membantu kerja organ pencernaan secara maksimal. Pemberian nutrisi pakan yang seimbang dan cukup saat kucing mengalami masalah pencernaan sehingga dapat segera teratasi dengan baik.

Sumber Pustaka :
Zoran D.L. Nutritional Management Of Feline Gastrointestinal Diseases. Department of Small Animal Science, College Of Veterinary Medicine and Biomedical Science, Texas A&M University. 2008. America.

Chandler M. Dietary Management Of Gastrointestinal Disorder. University of Edinburgh. 2013. Europe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar