Senin, 29 Agustus 2016

PYOMETRA PADA KUCING

oleh Alvin Febrianth, DRH


            Gangguan reproduksi merupakan salah satu penyakit pada kucing yang harus diwaspadai. Oleh karena itu kita wajib mengetahui tanda-tanda atau gejala klinis kucing kita mengalami gangguan reproduksi. Karena jika kita tidak mengetahui gejala klinis atau kita telat memeriksakan kucing kita ke dokter hewan, dapat berakibat fatal bahkan berujung dengan kematian. Dalam hal ini gangguan reproduksi yang dimaksud adalah pyometra.
            Sebelum masuk ke gejala klinis apa saja yang muncul untuk kasus pyometra, kita harus mengerti yang dimaksud dengan pyometra dan bagaimana kucing kita bisa terkena pyometra. Pyometra berasal dari kata pyo yang berarti pus dan metra yang berarti uterus, dimana uterus adalah organ reproduksi betina. Sehingga pyometra merupakan gangguan pada organ reproduksi yaitu uterus yang berisi nanah.
            Pyometra dapat terjadi ketika kucing mengalami beberapa siklus estrus atau siklus birahi dengan tidak diikuti adanya kebuntingan. Abnormalitas hormon menyebabkan dinding uterus mengalami penebalan. Pada saat kondisi seperti ini, cairan akan mulai mengisi dinding uterus yang mengalami penebalan, terjadi infeksi dan uterus akan terisi cairan berupa nanah karena pertahanan tubuh terhadap infeksi. Pyometra dapat terjadi pada kucing betina dewasa baik itu sudah pernah melahirkan atau belum pernah sama sekali.
            Bakteri merupakan penyebab adanya nanah pada uterus sehingga terjadilah pyometra. Bakteri dapat masuk ke dalam uterus ketika kucing masuk siklus birahi. Pada fase ini cervix akan terbuka, jika kucing betina tidak pada masa birahi maka cervix akan tertutup. Cervix merupakan organ reproduksi yang dapat dikatakan sebagai pintu gerbang untuk membatasi organ reproduksi bagian luar yaitu vulva dan vagina dengan organ reproduksi bagian lebih dalam yaitu uterus. Ketika cervix terbuka, maka bakteri dengan mudah dapat masuk ke dalam uterus. Jika kondisi uterus normal, bakteri tidak dapat hidup di dalam uterus. Tetapi jika uterus mengalami penebalan maka akan menjadi tempat yang sangat menguntungkan oleh bakteri karena dapat berkembang.
            Pyometra dapat digolongkan menjadi dua tipe, yaitu tipe terbuka dan tertutup. Dimana pyometra tipe terbuka terjadi karena cervix masih dalam posisi terbuka, sehingga nanah di dalam uterus dapat keluar. Sedangkan pyometra tipe tertutup posisi cervix sudah menutup sehingga nanah di dalam uterus tidak dapat keluar dan menumpuk sangat banyak di uterus. Pada tipe tertutup nanah di dalam uterus yang menumpuk sangat banyak akan menyebabkan perbesaran uterus. Nanah yang tertumpuk di dalam uterus mengandung toxin yang sangat banyak pula. Toxin tersebut akan menyebar dan menyebabkan kondisi kucing semakin drop bahkan sampai menyebabkan kematian.
            Gejala klinis yang muncul ketika kucing betina menderita pyometra adalah demam,nafsu makan berkurang, lemah dan depresi. Pada pyometra tipe terbuka maka dapat kita lihat adanya nanah yang keluar. Cairan yang keluar biasanya berwarna putih atau kekuningan bahkan bercampur dengan darah. Sering kali kita tidak dapat memperhatikan leleran nanah yang keluar karena sudah terlebih dahulu dijilat oleh kucing kita. Sedangkan pada tipe tertutup kita tidak bisa melihat adanya leleran nanah yang keluar. Gejala yang tampak yaitu adanya perbesaran pada area abdomen atau area perut. Pada tipe seperti ini sering kali kita menduga bahwa kucing kita sedang bunting karena perutnya menjadi besar.
            Gejala lain yang tampak biasanya adalah muntah. Sering kali kucing yang menderita pyometra menunjukkan gejala muntah. Hal ini disebabkan karena infeksi bakteri yang sudah terlalu parah sehingga toxin menyebar dengan cepat. Hal lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya muntah biasanya terjadi pada pyometra tertutup karena kondisi uterus yang sangat penuh dengan nanah yang tidak bisa keluar menyebabkan uterus membesar dan mendesak organ-organ lain.
            Jika kita melihat gejala khas dari pyometra pada kucing kita, segera bawa ke dokter hewan. Karena kejadian pyometra jika tidak segera ditangani akan berakibat dengan kematian. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh meliputi pemeriksaan dengan USG, Rontgen dan cek darah lengkap. Pengobatan yang dilakukan yaitu dengan operasi ovariohysterectomy atau steril. Jika pyometra tipe terbuka masih ada kemungkinan kecil bisa diberikan obat-obatan, tetapi ada kemungkinan akan kambuh atau berubah menjadi tipe tertutup. Untuk tipe terbuka tidak aja jalan lain selain dioperasi.
            Untuk pencegahan kucing kita terkena pyometra yaitu dengan dilakukan steril jika memang tidak berencana untuk dibreeding. Tetapi jika kucing betina kita digunakan untuk breeding sebaiknya steril dilakukan ketika umur 4-5 tahun. Sebaiknya jika akan dikawinkan pastikan kucing betina dan jantan dalam keadaan sehat agar tidak tertular berbagai macam penyakit.

Sumber Pustaka :
Carlson, D.G. and J.M. Griffin. 2008. Cat Owner’s Home Veterinary Handbook. Third Edition.
Wiley Publishing, Inc., Hoboken, New Jersey


www.petmd.com

52 komentar:

  1. Apakah kucing yg pernah kena phyometra bisa punya anak klo dia blum pernah disteril?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaannya.
      Untuk kucing yang terkena pyometra biasanya jarang sekali bisa punya anak apalagi untuk type yang tertutup, karena pengobatan yang paling baik adalah dengan dilakukan steril. Meskipun type terbuka dan hanya dilakukan pengobatan tanpa dilakukan operasi, ada kemungkinan dalam waktu dekat akan timbul gejala lagi. Dengan adanya hal seperti ini biasanya kucing menjadi tidak bisa punya anak, karena organ reproduksinya (Uterus) mengalami infeksi.

      Hapus
  2. Kucing saya sakit dan gejalanya sama dengan gejala pyometra,tapi kucing saya sebelumnya sudah disteril,gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Gejala klinis yang muncul seperti demam, nafsu makan menurun, muntah atau perut membesar bisa muncul pada penyakit lain karena gejala ini tidak spesifik untuk penyakit pyometra.
      Jika gejala yang muncul adalah keluar leleran dari alat kelaminnya, kemungkinan penyebabnya ada infeksi tetapi bukan pada organ uterus, karena untuk operasi steril organ yang diangkat adalah uterus dan ovarium kucing.

      Hapus
  3. Apakah bisa sembuh??
    Tolong saya 😭😭 di daerah sy tdk ada dokter hewan 😭😭😭😭, sepertinya tipe terbuka,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gejalanya gimana? karena kalau keluar darah saja, ada kemungkinan penyakit umum seperti kencing batu.. kalau kencing batu tinggal diganti makanannya jadi urinary.. tunggu 3 hari sampai semingguan biasanya sudah normal pipisnya..

      Hapus
    2. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Jika memang lebih mengarah ke pyometra type terbuka, jika tidak segera dilakukan pengobatan bisa menjadi type tertutup. Jika beberapa hari sudah tidak keluar leleran, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah benar nanah di dalam uterus sudah berkurang atau mungkin berubah menjadi type tertutup.

      Hapus
  4. Apa obat pyometra terbuka selain pembedahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Untuk obat yang diberikan pada pyometra jika tidak dilakukan pembedahan biasanya diberikan antibiotik serta obat-obatan yang bisa membantu mengeluarkan nanah yang ada di dalam uterus. Tetapi pengobatan seperti ini biasanya tingkat kesembuhannya sangat kecil. Jika setelah diberikan pengobatan sudah tidak keluar leleran lagi, masih belum bisa dikatakan sembuh karena perlu pemeriksaan lebih lanjut. Dikhawatirkan lelerannya berkurang karena type pyometra berubah menjadi yang tertutup.

      Hapus
  5. Mw nanya ya... Kucing saya jantan, sudah dikebiri sebelum kawin (umur 10 bulan). Knp pas umur 2 tahun, dia bs kena sakit pus??? Padahal kn sudah dikebiri???
    Makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Untuk kucing jantan yang sudah dikebiri masih bisa terkena gangguan saluran urinasi ( FUS). Hal ini bisa terjadi karena faktor penyebabnya biasanya karena stress. Banyak penyebab kucing menjadi stress, salah satunya karena masuk musim kawin. Tetapi karena sudah dikebiri, faktor stress karena musim kawin sudah tidak ada. Faktor stress yang lain bisa jadi karena dari lingkungan, seperti perubahan tempat tinggal, Stress perjalanan, atau mungkin karena ada kucing lain.

      Hapus
  6. Apa ada pengobata selain pembedahan? Kucing saya terkena penyakit ini dah tipe terbuka selama ini saya kasih antibiotik saja. Dan dia juga sudah mulai aktif kembali. Hanya saja nanahnya masih saja keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Untuk pengobatan biasanya diberikan antibiotik serta obat-obatan yang bisa membantu mengeluarkan nanah yang ada di dalam. Nanah biasanya masih keluar dalam jangka waktu yang agak lama meskipun sudah diberikan antibiotik. Untuk pengobatan yang paling bagus adalah dilakukan pembedahan, agar tidak ada nanah di dalam.

      Hapus
  7. Kak. Aku mau tanya, kucingku si upil (betina) perutnya gede kayak lg hamil tp aku pegang gag ada benjolan kepala bayi2nya terus ngeluarin cairan putih kekuning2an kadang juga ada darah bening.pertama kali dia emang susah banget makan tapi 2 minggu lebih ini makannya udah banyak tp cairannya masib keluar trs malah makin banyak Mohon sharing nya kak. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Untuk memastikan apakah kucing Upil bunting atau mengarah ke pyometra, harus dilakukan pemeriksaan menggunakan USG. Karena ada beberapa kondisi ketika kucing sedang dalam masa bunting, mengeluarkan cairan tetapi tidak terlalu banyak dan berbeda dengan cairan ketika kondisi pyometra.

      Hapus
  8. Kucing sya juga skrg kena pnyakit pyometra jns terbuka.kira2 sblm disteril ada kah obat anti biotik.soalnya uda bbrpa hari kluar cairan nanah.dit4 sy skrg blm ada puskeswan atw dktr hewan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaanya.
      Untuk pengobatan jika tidak dilakukan pembedahan biasanya diresepkan antibiotik. Harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah benar kucing tersebut mengarah ke pyometra atau kondisi lain. Karena penggunaan antibiotik tidak boleh asal.

      Hapus
  9. Kucing saya abis di steril 2 hari lalu krn pyometra.
    Awalnya demam lemas gak nafsu makan., saya pikir krn flu., pas saya perhatikan kucing saya selalu menjilati kemaluannya., setelah saya cek ternyata keluar cairan putih susu..kemuadian sya bawa ke dokter., setelah demam hilang langsung tindakan operasi di steril., yg saya tanyakan., setelah operasi dua hari ini., si kucing masih suka menjilat kemaluannya., dan terkadang suka saya liat sedikit cairannya msh ada., itu karena masih ada sisa2 nanah kmren apa emang blm bersih atw masih kena penyakit itu.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tanya kira kira kisaran pas periksa berapa ya?

      Hapus
    2. Berapa mbak biaya untuk melakukan steril pada kucing?

      Hapus
  10. Kucing saya baru melahirkan 5 hari tapi ko keluar nanah terus melalui anus dan vaginanya itu kenapa ya ? Mohon di respon .. makasih

    BalasHapus
  11. Kucing saya kemaluannya keluar cairan putih kekuningan agak kental trus lumayan banyak kak,nafsu makannya berkurang, udah 2 hari ini tidur mulu apakah benar kucing saya terkena pyometra? Terimakasih

    BalasHapus
  12. Kucing saya kemaluannya keluar cairan putih kekuningan agak kental trus lumayan banyak kak,nafsu makannya berkurang, udah 2 hari ini tidur mulu apakah benar kucing saya terkena pyometra? Terimakasih

    BalasHapus
  13. Saya mau tanya dong, ini kucing saya lagi hamil kayaknya udh dekat melahirkan krna dia kawin tgl 4 februari lalu, seminggu terakhir dia udh mulai cari2 tempat smpai k lemari pakaian, dan saya blum pernah usg dia, cuma pernah merasakan dlm perutnya ada yg nendang2, saya yakin dia hamil. Tapi pagi ini saya melihat ada cairan yg keluar dri kemaluan nya, cairan nya kental berwaran cream kemerah2 an, apakah ini yg di alami kucing saya ? Mohon bantuan

    BalasHapus
  14. Selamat siang mau tanya. Kucing saya sebulan lalu habis kawin. 2 minggu setelah kawin kucing saya vaginanya ngeluarin cairan putih kadang kecoklatan kadang juga kemeran. Seperti yg dijelaskan pada tanda pyometra. Akan tetapi setelah satu bulan ini punting kucing saya kok membesar dan memerah. Nah perut kucing saya besar karna pyometra atau positif hamil ya ?

    BalasHapus
  15. Selamat siang, kucing saya juga mengalami seperti itu udah sekitar 1 mingguqb, apa jangan-jangan dia pyometra? Tapi nafsu makannya biasa aja, tidak menurun sama sekali, fisiknya pun masih lincah, tapi kadang suka tidur di atas lotak pasirnya. Apa karna dia baru kawin sama kucing tetangga terus tanda-tanda kehamilan? Belum saya bawa ke dokter juga karna kucing kampung, sayang ah..

    BalasHapus
  16. Selamat malamm. Saya mau tanya. Saya ada kucing. Dia perutnya besar tetapi keluar cairan putih. Bukan dikemaluannya. Tetapi di perutnya. Dan dia juga ga nafsu makan. Selalu lesu. Dan kadang saya melihat dia gemetar. Kalau BPH tau itu gejala apa ya? Dan ada obat alternatifnya apa ya? Terus perutnya seperti kecil dikit dibanding sebelumnya. Dan dia ga mau dipegang jga. Awalnya kira bunting soalnya dia Deket banget sama kucing jantan. Kira kira itu gejala apa ya?

    BalasHapus
  17. Halo dokter,, saya mau bertanya,, kucing sya berumur 1.2 fase birahi sampe skrang itu sudah 4 x,, dan skrang kucingku birahi berat,, yg jd masalahnya ku blom bisa ngawinin karna jodoh pacak nya blom ada,, dan masalahnya kucingku sering ngeluarin cairan bening seperti kencing,, dan itu kayanya bukan kencing soalnya dia klo mo pip and pup sllu dikasur,, dia suka ngeluarin cairan di kasur,, cairan apakah itu dok,, apa bahaya??? Kucing ky female

    BalasHapus
  18. Halo dokter,, saya mau bertanya,, kucing sya berumur 1.2 fase birahi sampe skrang itu sudah 4 x,, dan skrang kucingku birahi berat,, yg jd masalahnya ku blom bisa ngawinin karna jodoh pacak nya blom ada,, dan masalahnya kucingku sering ngeluarin cairan bening seperti kencing,, dan itu kayanya bukan kencing soalnya dia klo mo pip and pup sllu dipasir, dia suka ngeluarin cairan di kasur aku,, cairan apakah itu dok,, apa bahaya??? Kucing ky female

    BalasHapus
  19. Sy ingin bertanya. Anjing betina sy sudah di angkat rahim nya skitar 2thn lalu. Tapi skrg dibagian kelamin nya mengeluarkan cairan pink muda dan bau. Tolong pencerahan nya dokter. Anjing sy knp ya? Pdhl rahim sudah diangkat knp masi ada kuar lendir seperti itu?

    BalasHapus
  20. saya ingin bertanya. kucing saya keluar cairan nanah dari kemaluan habis matting kurleb 2 minggu yg lalu dan sebelumnya pernah keguguran sekitar 1,5 bulan. Kondisi kucing sekarang sehat,suhu tubuh 38C, makan doyan dan masih aktif bermain. Apakah hal ini termasuk Pyometra?

    BalasHapus
  21. Mau tanya juga...
    Kucing saya betina sudah steril, sebetulnya seminggu ini ada perubahan terhadap buntutnya yang turun n ndak bisa berdiri kalau sedang dielus elus. Hari ini dari vagina keluar cairan bening, sakit apa yaa...
    Saya biasakan ke puskeswan tapi sabtu tutup jadi obat apa yang sebaiknya saya berikan yaa....
    Maaf memang nafsu makan berkurang sekali

    BalasHapus
  22. Mau nanya kucing betina saya keluar benjolan semacam daging di kemaluanya tapa tau sebabnya itu bagaimana cara penyembuhan terimakasih 😊

    BalasHapus
  23. Kucing saya betina keluar nanah dri kemaluannya,,obat apa yg harus saya berikan,,krn di tempat saya tidak ada dokter hewan,,terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  24. Kucing saya betina, ciri2 nya persis seperti itu. Tapi klo nafsu makan nya, ga berkurang. Tapi perut nya besar persis kaya ciri2 yg dijlaskan. Itu knp ya

    BalasHapus
  25. Dok saya mau tanya 6 bln lalu kucing saya terkena pyometra terbuka sudah saya obati tp memang belum di steril dan hari ini dia sudah birahi ke 3x setelah cairan nya sudah tdk kluar lagi apa itu sudah dinyatakan sembuh? Dan bisa dikawinkan lalu punya anak dok krn dia sudah birahi ke 3x??? Soalnya saya pengen kawinkan dia tp masih bingung krn takut pyometranya terjadi lagi, sebaiknya gimana dok???

    BalasHapus
  26. Mau nanya dong, antibiotiknya apa ya? Kebetulan kucing ku jg kena pyometra terbuka, ada bentuk daging yg ngegantung dan kebetulan dia abis ngelahirin..

    BalasHapus
  27. Dok mau tanya, kucing saya keluar cairan putih susu tapi sedikit, tapi makan nya malah banyak...

    BalasHapus
  28. Mf sya mau tnya ..kucing sya hbis ke guguran .wktu hmilnya bru 1 buln.tpi setlh ke gugurn ko dri kmalunya kmluar cairn serti nanah trus spe sdh 1 minggu ko gk sembuh sembuh..tolong sya sya m solusinya

    BalasHapus
  29. Maaf mau tanya Anbiotik untuk pyometra aoa ya kucing aku jg gitu lagi keluar cairan putih susu ... #help tolong respony dokter trmkasih

    BalasHapus
  30. Kak saya mau tanya, kucing saya berumur sekitar 5 bulan jantan dan betinanya mengeluarkan cairan bening dari duburnya, penyebabnya apa ya? Apa bisa menular pada manusia juga ?

    BalasHapus
  31. Malam dok, gejala mirip sekali. Habis kecolongan kawin dengan kucing liar tiba2 2 minggu setelahnya kucing keluar cairan putih susu dan bening.. Selain steril tidak bisa ya dok?

    BalasHapus
  32. Saya mau tanya, kucing saya mengeluarkan cairan kekuningan dan perut saya perhatikan agak membesar, tapi dia makan nya banyak masih aktif. Apakah itu termasuk gejalanya dok?

    BalasHapus
  33. Dok kucing saya habis steril karena pyometra, sdh 2minggu pasca operasi tapi masih keluar nanah berbau
    Saran drh dikasih antibiotik dalam dan luar, tp masih keluar
    Gmn solusinya dok?

    BalasHapus
  34. Berapa biaya steril pd kucing?

    BalasHapus
  35. Apabila cairan tsb keluar dan mengenai kulit manusia apa berbahaya dok?

    BalasHapus
  36. sya mau bertanya, kucing saya kakinya patah dibelakan jadi kalok jalan dia hanya menggunakan 2 kaki depannya dan sekarang pantat dan kemaluan kucing saya kyak membengkak gitu, trus keluar cairan dari kemaluannya, bagaimana cara mengobatinya, sedangkan kucing ini masih kecil dan dia sangat aktif. tolong masukannya dok

    BalasHapus
  37. Mau nanya, kucing saya kemaren keluar cairan gitu sambil kek ngejan mau lahiran tapi, gak ngelahirin malah keluar cairan aneh kek coklat2 gitu tapi, gak berbau nahhhh seterusnya kok tiap malem suka keluar cairan gitu dan malah kaya ada darah2nya sedikit

    BalasHapus
  38. Dok saya mau tanya,ini kucing saya sudah masuk minggu lahiran tapi beberapa hari belakangan ada cairan kental seperti sperma yg keluar dari kemaluannya tidak banyak memang tapi saya takut kucing saya kenapa kenapa,tapi kalau dilihat dari penjelasan diatas gejala yg ditimbulkan kucing saya hanya keluar cairan kental itu saja,utk nafsu makan,suhu badan semua normal dan perutnya kalau diraba ada rasa kepala baby kittennya,jdi cairan yg dikeluarkan kucing saya itu apakah berbahaya atau tidak dok ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  39. Ciri ciri kucing sembuh dari pyometra terbuka gmna ya....??
    Soalnya kemarin kucing saya kena pyometra terbuka sudah 2x saya bawa ke dokter terus saya belum tau ciri cirinya kucing saya sembuh tolong pencerahannya

    BalasHapus
  40. Kak bantu saya, saya baru pertama kali memelihara kucing, kucing saya keluar cairan berwarna putih bening dari kemaluannya, sehingga kucing saya seperti ingin di nikahi begitu kak posisinya jika ia tiduran itu bagaimana ya kak??? Sedangkan kucing saya dari melahirkan 2 bulan lalu,

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum dok saya mau tanya ciri2 kucing sudah sembuh dari piyometra jika pyiometra yang tadi nya terbuka menjadi tertutup bagai mna dok apa harus langsung di oprasi mohon bantuan nya dok

    BalasHapus