Selasa, 18 April 2017

INFESTASI CAPLAK PADA ANJING

INFESTASI CAPLAK PADA ANJING
oleh Maria Ulfa, DRH


Caplak dan penyakit nya
Kutu adalah organisme parasit berwarna cokelat, kecil yang hidup. Organisme ini membutuhkan darah dari hewan untuk bertahan hidup. Sayangnya, kutu juga cenderung menjadi pembawa berbagai penyakit serius, dan dapat menularkan penyakit di tubuh anjing yang menjadi hospes/inangnya. Caplak membawa penyakit seperti penyakit Lyme, bakteri ehrlichia, dan anaplasmosis. Gigitan caplak sendiri dapat menyebabkan infeksi kulit.

Meski jarang, kutu anjing juga bisa menjadi perantara infeksi cacing pita pada manusia. Penyakit tersebut dinamakan dipilidiasis, yaitu ketika seseorang terinfeksi cacing bernama Dipylidium caninum. Seseorang menderita penyakit ini jika secara tidak sengaja menelan kutu anjing yang sudah terinfeksi parasit cacing Dipylidium caninum.
 
Gejala bermacam - macam antara tiap penyakit, antara lain demam, nyeri, ruam, dan mual.
 
Penyebab caplak pada anjing
 
Infestasi caplak dapat terjadi ketika satu caplak sudah masuk ke dalam rumah, kontak dengan anjing 
lain yang sudah terinfeksi caplak, sanitasi lingkungan rumah yang perlu diperhatikan karena bisa saja
telur, larva, nimfa, dan sebagian caplak dewasa bisa ditemukan di balik karpet, seprai, tempat anjing 
biasa tidur dan pojok – pojok ruangan yang lembab, hangat, gelap.  
 
Mulailah pencarian caplak dari sisi atas punggung anjing Anda kemudian turun ke kedua sisi dada dan perutnya. Pastikan untuk mencari di dalam dan sekitar :
·         Tungkai
·         Di antara jari-jari kaki dan bantalan kaki
·         Di bawah tungkai (ketiak), perut, dada, dan ekor
·         Di atas, di dalam, dan di bawah kuping
·         Muka dan puncak kepala
·         Dagu
·         Bagian depan leher

Gejala yang ditimbulkan dari infestasi caplak

Selama kutu ada di rumah Anda, sejumlah besar kutu dapat ditemukan pada tubuh atau hewan peliharaan Anda. karena kutu membutuhkan darah dari hewan untuk bertahan hidup, mereka akan menempel anjing/ hewan kesayangan anda.

Kutu bergerak cepat di seluruh tubuh, tetapi mereka lebih memilih daerah yang hangat dan lembab. Mereka sering ditemukan di ketiak, selangkangan, atau kulit kepala. Setelah caplak telah menemukan tempat yang mereka suka, caplak akan menggigit anjing anda. Tidak seperti gigitan serangga lainnya, gigitan ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Anda harus selalu memeriksa tubuh hewan peliharaan anda untuk memastikan adanya caplak. Pastikan untuk memeriksa setiap bintik-bintik cokelat atau hitam. Jangan hanya fokus pada daerah di mana kutu biasanya ditemukan. Kutu berbagai ukuran dari kecil seperti biji kopi atau berukuran besar sebagai besar. Pada caplak dikenal dengan tick borne illness yaitu penyakit yang ditimbulkan oleh karena gigitan caplak, dengan gejala klinis seperti berikut :

• demam atau menggigil (hipotermi)
• nyeri atau flu
• sakit kepala
• kelelahan
 • ruam
Banyak gejala-gejala penyakit ini mirip dengan kondisi kesehatan lainnya. Ruam yang berkembang dengan penyakit tick-borne dapat lebih mudah terdiagnosa. Namun, kadang-kadang ruam hilang setelah gejala lainnya terjadi.
Segera bawa hewan kesayangan / anjing kesayangan anda untuk cek ke dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu mendiagnosa penyakit tick-borne. Diagnosis dini sangat penting untuk mencegah komplikasi jangka panjang yang berhubungan dengan penyakit ini.

Cara Mengendalikan dan Mencegah Infestasi caplak?

Caplak yang melekat pada kulit dapat diambil dan diletakkan dalam wadah berisi cairan.
Untuk mengambil caplak yang sudah menggigit anda atau anjing kesayangan, ambil caplak menggunakan pinset. Kemudian, menariknya perlahan-lahan dan tidak ragu. Jangan gunakan Vaseline, minyak, atau alkohol untuk membunuh caplak. Metode ini dapat menyebabkan mulut caplak tetap menempel pada tubuh anjing, dan dapat menyebabkan infeksi. Anda juga dapat menggunakan semprotan atau bubuk desinfektan untuk membantu sterilisasi caplak dalam rumah Anda. Meskipun dimungkinkan untuk mengendalikan caplak setelah infeksi, untuk jauh lebih baik untuk mencegah caplak di lingkungan rumah / tempat anjing kesayangan anda dipelihara saat pertama kali.
Untuk mencegah caplak semakin banyak dan menyebar dalam rumah Anda, cobalah untuk membuat properti sekitarnya tidak cocok untuk caplak. caplak tidak suka lingkungan kering dan tidak bisa hidup di vegetasi singkat. Menjaga rumput di halaman anda/lingkungan akan membantu anda menyingkirkan caplak dekat rumah anda.
Jika rumah anda dikelilingi oleh rumput yang lebat atau tanah di mana kutu biasanya ditemukan, Anda bisa semprotkan lingkungan dengan desinfektan khusus untuk membantu menghilangkan caplak. Kebanyakan desinfektan akan efektif dengan lebih dari satu kali aplikasi. Anda juga harus membersihkan setiap daerah di sekitar rumah Anda yang mungkin menarik tikus karena mereka sering membawa caplak.
Anda harus secara teratur memeriksakan hewan peliharaan/anjing anda ke dokter hewan untuk mengetahui adanya infestasi caplak. Hewan peliharaan Anda tentu memerlukan pengobatan untuk gigitan caplak akibat infestasi caplak.


SUMBER :
http://www.healthline.com/health/tick-infestations#control-and-prevention4
file:///C:/Users/office/Downloads/2600-2840-1-PB.pdf
http://www.alodokter.com/kutu-anjing-risiko-penyakit-dan-cara-mengobati-gigitannya

http://id.wikihow.com/Menghilangkan-Caplak-pada-Anjing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar