Jumat, 16 Februari 2018

CARA MERAWAT ANAK ANJING

cara merawat anak anjing
oleh DRH alvin febrianth

            Anjing ketika masih kecil atau puppy memang terlihat sangat menggemaskan. Tetapi hampir mirip dengan anak bayi, butuh perhatian lebih dalam menjaga kesehatannya. Meskipun induk anjing bisa merawat anaknya sendiri, tidak jarang pula yang membutuhkan bantuan dari kita untuk merawat anaknya.
            Usia kebuntingan anjing yaitu rata-rata 60-65 hari, dengan rata-rata jumlah anaknya 2-4 ekor tergantung dari breed anjing tersebut. Pada umur kebuntingan 14 hari sudah bisa dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan USG. Beberapa induk anjing ketika melahirkan bisa merawat anaknya sendiri tanpa bantuan dari manusia. Tetapi kadang induk anjing butuh bantuan dari kita, kondisi seperti ini biasanya karena induk anjing terlalu lemas setelah melahirkan. Ada beberapa anjing yang tidak bisa melahirkan secara normal dan harus dilakukan operasi Caesar. Hal ini bisa terjadi karena anak anjing terlalu besar, posisi anak anjing sungsang atau ada gangguan dari organ reproduksinya.
            Jika induk anjing setelah proses melahirkan tidak mau merawat anaknya, kita harus membantu merawat anaknya. Hal pertama yang dilakukan adalah menyobek kantong amnion jika anaknya masih terbungkus. Kemudian mengeringkan anaknya dengan cara menggosok badannya berlawanan arah rambut. Menyedot cairan yang ada di lubang hidung dan mulut juga harus dilakukan agar anak anjing langsung bisa bernafas dengan lancar. Setelah anak anjing sudah terlihat bisa bernafas dan bisa “menangis”, kita keringkan anggota tubuh yang lain. Tali pusar yang masih menempel juga harus dipotong dengan hati-hati dan tidak terlalu dekat dengan perut, menggunakan gunting steril atau bersih, tetapi sebelumnya tali pusar tersebut harus diikat dengan menggunakan benang. Setelah dipotong tali pusarnya bisa diberikan antiseptic seperti betadine sedikit saja pada bagian yang dipotong. Setelah semua selesai bisa langsung didekatkan dengan induknya agar langsung menyusui.
            Hal berikutnya yang harus dipersiapkan adalah kandang tempat melahirkan dan menyusui. Kandang harus disesuaikan dengan breed anjing tersebut, jangan terlalu sempit terutama untuk anjing large breed. Posisi kandang tidak boleh diarea terbuka yang bisa terkena sinar matahari langsung bahkan kehujanan. Jauhkan kandang dari hewan lain agar induk dan anak anjing tidak mudah stress. Selalu berikan alas pada kandangya, dan pastikan tidak ada celah yang dapat menyebabkan anak anjing keluar atau jatuh dari kandang. Selalu menjaga kebersihan kandang.
            Anak anjing ketika lahir harus mendapatkan air susu dari induknya, karena air susu induk mengandung kolostrum yang sangat baik untuk daya tahan tubuh anak anjing. Jika tidak mendapat air susu dari induk, anak anjing rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya tidak seimbang. Ada beberapa kondisi anak anjing tidak bisa mendapat air susu dari induknya, seperti induknya tidak mau menyusui anaknya atau air susu induk tidak keluar. Jika terdapat kondisi seperti ini bisa diberikan susu formula khusus untuk anjing setiap 2 jam sekali.
            Kadang kala induk anjing jarang membersihkan anaknya, oleh karena itu kita harus ikut serta membersihkan anaknya. Bagian yang sering terlihat kotor adalah bagian sekitar wajah karena bekas dari air susu dan area sekitar pantat bekas kotorannya. Kita bisa membersihkan menggunakan kapas atau tissue yang dibasahi menggunakan air hangat. Kemudian harus kita keringan lagi menggunakan tissue atau kapas agar tidak terlalu lembab.
            Anak anjing mulai belajar makan kurang lebih umur 1 bulan, tetapi porsi untuk menyusui masih besar. Ketika umur 2 atau 3 bulan, anak anjing sudah mulai lebih banyak makan dari pada menyusui. Ketika anak anjing sudah masuk sapih, kita bisa memberikan pakan khusus anak anjing, agar nutrisinya seimbang untuk pertumbuhannya. Selalu awasi anak anjing terutama yang sudah bisa makan sendiri agar tidak memakan atau menelan benda-benda yang lain. Karena usia 3 bulan ke atas rata-rata anak anjing sangat aktif dan suka mengigit benda yang ada disekitarnya.



            Pemberian obat cacing pada anak anjing bisa diberikan mulai umur 6 minggu. Vaksinasi pada anak anjing sangat penting karena dapat mencegah penyakit-penyakit yang berbahaya dan menular pada anjing seperti parvo, distemper, rabies dan lain-lain. Jadwal vaksinasi pertama untuk anak anjing bisa diberikan pada usia 6 minggu dan dilakukan pengulangan sesuai jadwal dari dokter hewan.



            Anak anjing boleh dimandikan minimal usia 3 bulan. Karena biasanya anak anjing yang usianya dibawah 3 bulan masih rentan dengan kondisi kedinginan. Jika kita memandikan dengan cara yang salah, maka anak anjing sangat mudah mengalami kondisi kedinginan bahkan bisa menyebabkan kematian.

            Selalu periksakan dan konsultasikan semua tentang kesehatan secara rutin dengan dokter hewan. Agar anjing kesayangan kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit dan selalu dalam kondisi sehat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar